Ocehan Salman #1

Jadi, semakin kesini gue makin ragu manfaat konkrit jurusan kuliah gue ini apa? Wait, bahkan fokus utama jurusan gue aja masih membingungkan. Perdata bukan, hukum umum bukan, fiqih bukan, tafsir bukan. Lieur.

Lu tau nama jurusan kuliah gue apa? Ahwal Al-Syakhsiyyah. Lu tau apa artinya? Jangan malu kalo ternyata emang lu gak tau, karena gue sendiri pun kebingungan mendefinisikan apa arti nama jurusan gue. Ketika ditanya gue kuliah di jurusan apa gue lebih sering menjawab hukum perdata Islam. Tapi seperti yang gue nyatakan di paragraf awal, sebenernya jurusan gue ini gak jelas konsentrasinya.

Jadi setelah lulus mau jadi apa? Konsultan keluarga sakinah? Pffttf, tai kebo alias bullshit. Dulu kalo ditanya lulusannya bisa jadi apa, dengan kerennya gue bilang bisa jadi hakim PA atau mediator. Lagi-lagi tai kebo. Nyatanya kerjaan di Pengadilan Agama atau bidang mediasi banyak yang ditilep sama lulusan hukum konvensional. Apalagi semenjak gelar diubah dari S.HI menjadi S.H., makin keok deh. Coba mahasiswanya ditanya masalah hukum, paling gak bisa jawab.

Dulu kenapa gue masuk jurusan yang sekarang ini? Supaya linier sama apa yang gue pelajari di pondok. Pffft, di pondok aja gak bener. Sebetulnya dulu gue mau masuk jurusan pendidikan luar biasa, ketika jiwa sosial gue masih tinggi. Sempet keterima juga di jurusan psikologi. Waktu keterima di psikologi bokap gue skeptis. 'Kalo lulus mau jadi apa? Ujung-ujungnya bagian hrd di perusahaan'. Gitu katanya. Dan sekarang justru gue yang pesimis kalo udah lulus bisa apa. Ilmu yang dipelajari di kampus gak bisa langsung konkret bisa diterapkan.

Jujur, gue realistis. Idealisme gue mati seketika waktu masuk tahun kedua kuliah. Sejak itu hidup udah macam gak ada tujuan. Sebab gue gak tau diri gue ini bagus di bidang apa. Bahasa? Okelah gue lumayan bisa, at least buat ngerjain TOEFL dan TOAFL masih bisa tembus skor 500, tapi diluar sana banyak yang lebih fasih inggris dan arabnya dari gue.

Gue gak tau apa yang harus dikembangkan dari diri gue sendiri. Gue pernah baca, 2/3 dari populasi manusia gak tau dirinya bagus di bidang apa. Apakah lu termasuk golongan 1/3? Kalau iya, bagus. Efeknya? Karena lu gak tau apa yang harus dikembangkan dari diri lu, lu gak punya tujuan, gak punya view kedepannya mau ngapain & jadi apa.

Saran gue sih kalo lu punya adek, sepupu, ponakan, atau kerabat yang masih kecil dan muda, mending dipetakan bakatnya apa. Supaya nanti diketahui dia harus diarahkan kemana. Biar punya tujuan dan bisa dipantau progresnya. Gak luntang-lantung lah.

Kembali lagi pada gue yang realistis. 'Kedepan gue harus punya duit banyak' Itu yang selalu gue pikirin. Iya pandangan gue sempit, gue tau. Gue salut sama temen-temen gue yang masih punya idealisme. Ada yang berdedikasi pada kegiatan sosial. Ada yang jadi aktivis lingkungan. Ada yang serius di jalan dakwah. Ada juga yang terjun wiraswasta dan udah punya banyak duit. Mereka keren, mereka tahu apa yang harus dilakukan dalam hidupnya. Dan selalu bikin gue malu serta berpikir: manfaat gue di dunia ini apa? Bisa gak gue kayak mereka?


Saat ini pun gue bakal seneng banget kalo ada yang mau ngajarin sesuatu yang bener-bener bermanfaat seperti bagaimana cara mencukur rambut, otak-atik mesin, cara ngelas, ngecat rumah, menempa besi, bahkan menambal ban sekali pun. Bagi gue semua itu ada manfaat konkritnya daripada sekedar kuliah belajar teori yang belum tentu bakal berguna bagi masyarakat. Ujung-ujungnya cuma nambah panjang nama pake gelar gak jelas serta jadi beban negara dan nambah angka pengangguran. Ujung-ujungnya daftar jadi driver ojol dan taxol.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dialog Antara Sang Koruptor dan Tuan Malaikat

LULLABY

Resonansi Saya Terhadap 2020